• header

Patch By ./HiraruKun@DarkMythsCyber Team

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMAN 1 Boyolali

NPSN : 20308449

Jl. Kates No. 8 Boyolali Jawa Tengah


dapodikmen.sma1@gmail.com

TLP : 0276321059


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 908886
Pengunjung : 162849
Hari ini : 146
Hits hari ini : 228
Member Online : 9
IP : 3.83.236.51
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Info snmptn tahun 2019




Sesuai dengan kegiatan dalam kalender pendidikan tahun pelajaran 2018/2019, memasuki semester genap, sekolah jenjang SMA/ MA/ SMK, disibukkan dengan persiapan menghadapi USBN, UNBK dan proses pendampingan peserta didik untuk memasuki jenjang Perguruan Tinggi. Pada saat artikel ini dibuat, telah dilaunching laman snmptn 2019, dimana sekolah dapat memulai proses input data di laman terkait.

Latar Belakang

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip kredibel, adil, akuntabel, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel serta tidak diskriminatif dengan memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan, menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi. Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran yang merupakan prinsip pendidikan karakter. Oleh karena itu, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar. PDSS merupakan basis data yang dijadikan sumber utama data SNMPTN. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SNMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Tujuan

Tujuan SNMPTN adalah:
a. Memberikan kesempatan kepada siswa SMA/SMK/ MA di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
b. Memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

Ketentuan Umum dan Persyaratan
a. SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun.
b. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.
c. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
d. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

Ketentuan Khusus

Persyaratan Sekolah
a. Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
b. SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS.

Persyaratan Siswa Pendaftar
Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN adalah :
a. Siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2019 yang memiliki prestasi unggul.
b. Memilik NISN yang terdaftar di PDSS.
c. Memiliki nilai raport semester 1 s.d 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
d. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan dimana link lengkap ada di laman snmptn.ac.id).

Penerimaan di PTN
Siswa pendaftar diterima di PTN, jika:
a. lulus satuan pendidikan SMA/SMK/;
b. lulus SNMPTN 2019; dan
c. lolos verifikasi data serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Tahapan Mengikuti SNMPTN
Tahapan mengikuti SNMPTN dilakukan sebagai berikut:
Pengisian dan Verifikasi PDSS
a. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
b. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
c. Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
d. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah, data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir (poin ini mohon diperhatikan oleh siswa SMAN 1 Boyolali, karena memiliki konsekuensi yang tinggi).

Pemeringkatan
a. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
   1. Jurusan MIPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
   2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
   4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

b. Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan LTMPT, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah :
   1. Akreditasi A : 40% terbaik di sekolahnya;
   2. Akreditasi B : 25% terbaik di sekolahnya;
   3. Akreditasi C dan lainnya 5% terbaik di sekolahnya.

Pendaftaran SNMPTN
a. Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://www.web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
b. Siswa Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
c. Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id
d. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet dapat melakukan pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

Jadwal SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
Pengisian dan Verifikasi PDSS    04 Januari – 25 Januari 2019
Pendaftaran SNMPTN                   04 – 14 Februari  2019
Pengumuman Hasil Seleksi         23 Maret 2019

Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN.

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi
a. Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak  dua program studi dalam satu PTN atau satu PTN.
b. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
c. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
d. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Biaya
Pendaftar tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah.

Prinsip dan Tahapan Seleksi
Prinsip Seleksi
Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:
a. mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih;
b. memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah; dan
c. menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Tahapan Seleksi
Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
a. Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
b. Siswa pendaftar yang memilih program studi di 2 (dua) PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, pendaftar akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan prodi dan ketersediaan daya tampung.

Sanksi Bagi Sekolah dan/atau Siswa yang Melakukan Kecurangan

Sanksi tegas bagi sekolah dan/atau siswa/calon mahasiswa yang melakukan kecurangan sebagai berikut:
a. Sekolah yang terbukti melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya.
b. Siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN dan terbukti melakukan kecurangan dibatalkan status kelulusannya.

Peserta Pelamar Bidikmisi dan ADik
a. Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
b. Calon peserta Bidikmisi atau Adik terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi atau Adik melalui laman :
   1. http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
   2. http://adik.ristekdikti.go.id

Laman Resmi dan Alamat LTMPT

a. Informasi resmi LTMPT dapat diunduh melalui laman http://www.ltmpt.ac.id.
b. Informasi resmi SNMPTN 2019 dapat diunduh melalui laman http://www.snmptn.ac.id
c. Informasi resmi dapat diakses melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041 450 450.
d. Informasi resmi juga dapat diperoleh di kantor Humas PTN terdekat.
e. Alamat LTMPT:
Gedung BPPT Lantai 23
Jl. MH. Thamrin 8, Jakarta 10340
Telp. 021-3104041, Fax. 021-3104042
Email: sekretariat@ltmpt.ac.id

Lain-lain
a. Siswa pendaftar yang diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.
b. Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2019 akan diinformasikan melalui laman http://www.snmptn.ac.id.

Demikian informasi, semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : Fahmi -  [fahmirullah.abdillah@fst.unair.ac.id]  Tanggal : 25/06/2019
Perkenalkan, saya Fahmi dari UNAIR. Apakah kalian masih bingung memilih jurusan? Yuk dalami pilihanmu di universitas kami dan akses informasi dapat di cek di ppmb.unair.ac.id . Selamat Berjuang! :)


   Kembali ke Atas